Buku Cerita Anak: Aku Suka Caramu

Pic: picuki.com


  • Judul: Aku Suka Caramu
  • Penulis: Audelia Agustine
  • Ilustrator: Haikal
  • Penerbit: Yayasan Litara
  • Tahun terbit: 2015
  • Tebal: 24 halaman
  • Bahasa: Indonesia

Sekali lagi saya menemukan cerita anak menarik di channel youtube read aloud. Sejujurnya, saya mungkin tidak berminat membuka dan mendengarkannya karena judulnya tidak terlalu menarik perhatian.

Namun, kali ini yang memilihnya adalah si sulung. Saya pun kemudian ikut menyimak ceritanya tanpa melihat videonya. Awalnya saya mengira Wuri adalah anak baik hati yang selalu menawarkan bantuan dan Rano adalah anak yang sedang belajar mandiri dengan caranya yang agak berbeda dalam mengenali jalan.

Ketika tiba di adegan Rano menggunakan tongkat untuk menghindari genangan air, barulah saya tersadar. Rano adalah seorang teman netra. Karena itulah ia punya cara-cara unik untuk mengenali jalannya, dengan mengendus, meraba permukaan dan mendengarkan. Ah, saya langsung jatuh hati dengan buku ini dan memutuskan untuk menonton lengkap videonya di sini. Gaya membacanya seru karena menggunakan suara yang berbeda untuk masing-masing karakter Wuri dan Rano. Saya juga membaca kembali versi pdf buku ini di roomtoread.org

Buku ini bercerita tentang Wuri dan Rano yang sama-sama berangkat menuju pesta ulang tahun Ali. Alih-alih membantu menunjukkan jalan buat Rano, Wuri justru belajar bagaimana cara mengenali arah dan mencari jalan dengan menggunakan indra lainnya selain mata. Ini salah satu cerita inklusif kece yang pernah saya baca, masyaa Allah.

Kita jadi belajar kelebihan-kelebihan yang dimilili oleh teman netra, bagaimana mereka memaksimalkan indra-indra yang terkadang kita abaikan karena hanya mengandalkan mata sebagai indra penglihatan.

Senang sekali bisa menemukan buku ini karena saya sendiri sedang ingin belajar menulis cerita anak yang bertema inklusivitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEKAL MAKAN ISTIMEWA

Buku Cerita Anak : How Rude!

Buku Cerita Anak: TURTLE AND TORTOISE ARE NOT FRIENDS