Buku Cerita Anak: TURTLE AND TORTOISE ARE NOT FRIENDS

 

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/423479171213047760/

  • Judul buku: Turtle and Tortoise are Not Friends 
  • Penulis: Mike Reiss
  • Ilustrator: Ashley Spires
  • Jumlah halaman: 32
  • Usia pembaca: 4-8 tahun
  • Publisher: HarperCollins
  • Tahun terbit: 2019

Buku ini menceritakan tentang kura-kura dan penyu yang hidup bersama di kebun binatang selama puluhan tahun tapi tidak berteman. Alasannya karena merasa berbeda jadi tidak mungkin berteman. Sampai suatu ketika keduanya sama-sama dalam keadaan terbalik, dengan cangkang di bawah dan kaki di atas. Bertahun-tahun seperti itu, akhirnya keduanya memutuskan untuk saling bekerja sama dan bisa kembali ke posisi normal lagi. Pada akhirnya keduanya pun menjadi sahabat.

Bagian-bagian hiperbolanya sungguh menghibur buat saya. Mereka tidak berteman selama ... 14 tahun! Terus pas ada bola yang terlempar masuk ke kandangnya, dua-duanya saling berebut. Penyu yang akhirnya sampai duluan di bolanya setelah ... 14 tahun! Pas naik bola, penyu jatuh terguling dengan posisi terbalik. Kura-kura yang kegirangan karena mikir bola jadi miliknya juga mengalami nasib sama. Dua-duanya dakam posisi terbalik selama ... 17 tahun! Akhirnya salah satunya punya ide untuk saling bekerja sama agar bisa merubah nasib. Yang satunya lagi mikir dan menyetujui setelah ... 6 tahun! Di-highlight pula tahun-tahunnya itu. Ngakak banget euy, haha!

Jadi ingat meme tentang penyu yang bikin ngakak sekaligus gemes. Isinya kurang lebih seperti ini: Mengapa penyu bisa berumur panjang hingga ratusan tahun? rahasianya ada pada HIDUP TANPA BEBAN, trus diliatin deh tuh penyu kalo abis bertelur ninggalin semua telurnya di pantai dan dia kembali ke lautan dengan bebas. Rasanya gimana gitu ya, hihi.

Anyway, inti cerita di buku ini bukan pada perbedaan kura-kura dan penyunya tapi pada bagaimana hidup itu harus berjalan berdampingan dengan yang lain tidak bisa sendiri. Saya suka saya suka! Versi read aloud-nya sila ditonton di sini yaaa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEKAL MAKAN ISTIMEWA

Buku Cerita Anak : How Rude!