Buku Cerita Anak: That's Not My Name!

Gambar: anooshayed.com

  • Judul: That's Not My Name
  • Penulis & Ilustrator: Anoosha Syed
  • Usia : 3-5 tahun
  • Isi: 40 halaman
  • Dimensi buku: 26,67 x 0,97 x 22,86 cm
  • Terbit: Juli 2022
  • Penerbit: Viking Book For Young Reader

Buku ini berbahasa Inggris. Isinya bercerita tentang Mirha, seorang gadis kecil yang baru saja masuk sekolah. Hari pertamanya ternyata tidak begitu menyenangkan. Teman-temannya, bahkan gurunya keliru menyebutkan namanya. Mulai dari Mira, Murha, Miriam, Meera, Nerha, dan lain-lain. Mirha merasa kecewa. Apakah namanya memang sangat sulit diucapkan? Terbersit keinginan untuk mengganti namanya dengan yang lebih mudah diucapkan seperti saran salah seorang temannya.

Kelanjutan ceritanya bisa disimak pada versi read aloud-nya di sini ya, temans. Tersedia subtitle dalam bahasa Inggris.

Anoosha Syed, penulis buku ini adalah seorang ilustrator buku anak. Banyak karya yang telah dihasilkannya. Buku ini adalah karya pertamanya sebagai seorang penulis. Ilustrasinya keren, dengan warna-warna cerah dan detil. Komposisi warna pada halaman-halaman yang full ilustrasi juga bagus. Tone warna dan bentuk karakternya oke banget untuk buku cerita anak (ini pendapat subyektif 😃).
Dari segi cerita, saya suka idenya. Ide sederhana tentang nama yang salah ucap, yang terlihat sepele namun sebaiknya tidak dianggap sepele. Dengan cerita ini, anak akan belajar bahwa tidak apa-apa membenarkan sesuatu yang salah, daripada merasa kecewa sendiri.

Di Amazon.com, disebutkan peruntukan usia pembacanya adalah anak usia 3-5 tahun. Sementara di Indonesia sendiri, berdasarkan pedoman perjenjangan buku yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek, buku ini dikategorikan untuk pembaca awal, usia 6-8 tahun. Dasarnya adalah karena jumlah kata perkalimat yang sudah lumayan banyak, juga jumlah kalimat di setiap halamannya (sampe hapal jumlah kata dan kalimat perjenjang pembaca gara-gara bolak-balik menyimak juknis, balada para pejuang GLN dan Lomba Literasi Kantor Bahasa 😁).

Salah satu yang agak mengganjal menurut saya adalah kalimat Ibu Mirha yang menyebutkan tentang Beethoven, dan lain-lain, ketika menyebutkan contoh-contoh nama yang sulit diucapkan pada Mirha. Benar mereka orang-orang terkenal tetapi terkenalnya di kalangan orang dewasa, bukan anak-anak. Mungkin anak-anak justru langsung ngeh kalau disebutkan Dora Emon, Pokemon, Princess Elsa dan nama-nama tokoh lain yang familiar untuk usia mereka atau dekat dengan dunia mereka.


Source: Read Aloud Video capture


Over all, buku ini keren. Topik tentang nama selalu bisa jadi ide cerita yang menarik untuk anak-anak. Jangan lupa, di bagian yang ada nama Beethoven, dll, siapin dulu jawaban simpelnya karena anak-anak pasti akan bertanya siapa mereka, hihi.


Komentar

  1. Langsung aku share ke temen yg anaknya suka ngamuk2 karena pada ga bisa panggil namanya dengan benar 😁👍

    BalasHapus
  2. Wkwkw, perkara sensitif yaaa :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEKAL MAKAN ISTIMEWA

Buku Cerita Anak : How Rude!

Buku Cerita Anak: TURTLE AND TORTOISE ARE NOT FRIENDS