Buku Cerita Anak: Too Much Glue

Pic: flashlightpress.com

  • Judul: Too Much Glue
  • Penulis: Jason Levebvre
  • lustrator: Zac RetzP
  • Penerbit: Flashlight Press
  • Tahun terbit: 2013
  • Tebal: 40 halaman
  • Usia: 4-6 tahun
  • Bahasa: Inggris

Ide ceritanya keren. Berkisah tentang seorang anak bernama Matty yang suka bermain lem. Di sekolah, Matty bersama teman-temannya sering membuat prakarya menggunakan lem. Guru Matty mengingatkan jika terlalu banyak lem yang dibubuhkan, maka akan semakin lama keringnya.

Di rumah, Matty justru sering bermain lem bersama kedua orang tuanya. Mereka membuat bentuk-bentuk lucu dari lem seperti kacamata, kumis, dan sebagainya.

Suatu hari di kelas, Matty menemukan sebotol lem yang masih penuh. Ia menuang seluruh isinya ke ats meja, kemudian menebarkan google eyes (mata-mataan) dan printilan craft lain ke atasnya. Terakhir, Matty melompat ke atas meja, telentang menempel di luberan lem.

Pic: flashlightpress.com

Namun, karya spektakuler (menurutnya) itu tiba-tiba menjadi masalah ketika ternyata Matty menempel di permukaan meja dan tak bisa bangkit lagi. Oow! Semakin kuat ia berusaha melepaskan diri, segala printilan kecil yang disebarkannya tadi justru semakin menempel di sekeliling tubuhnya.

Teman-teman Matty tentu tidak tinggal diam melihat kejadian itu. Mereka mencoba berbagai cara untuk membantu Matty melepaskan diri dari lem. Namun malah semakin banyak benda-benda yang menempel pada Matty. Kacau, hihi.

Ceritanya bagus. Saya suka sekali penyelesaiannya. Simak cerita lengkapnya versi read aloud di sini yaaa, di channel youtube Story Time at Awnie's House. Gaya membacanya seruuuu! Kalimat-kalimatnya berima, ada onomatope (kata tiruan bunyi) juga. Buku ini cocok dijadikan bahan read aloud karena akan terdengar menyenangkan di telinga anak-anak. 

Gaya ilustrasinya sedikit berbeda. Saya mengistilahkannya sedikit 'macho', hihi, full colour dan menyenangkan untuk anak-anak. Penempatan tulisannya mengikuti space pada gambar, ada juga yang bentuk tulisannya melengkung atau besar di salah satu kata, menarik!

Satu poin penting yang saya jadikan catatan dari buku ini adalah bagaimana Ayah Matty bereaksi terhadap kejadian ini. Beliau berkata:

Some beautiful things only happen once and this is one of this things.

How sweet! Semakin 'ajaib' tingkah laku anak-anak, biasanya merupakan pertanda semakin kreatif imajinasinya. Maka selayaknya respon pertama orang tua adalah positif, untuk menjadi penyemangat agar anak tidak berhenti berkreasi dan tetap percaya diri.

Pengen dehhh jadi ortu yang kece kayak ortunya Matty ... semoga, yaaaa (ngumpulin stok sabar dulu yang sudah tercecer sepanjang perjalanan hidup ini, wkwk).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEKAL MAKAN ISTIMEWA

Buku Cerita Anak : How Rude!

Buku Cerita Anak: TURTLE AND TORTOISE ARE NOT FRIENDS