Buku Cerita Anak : How Rude!

 

Sumber: quarto.com



  • Judul: How Rude!
  • Penulis: Clare Helen Welsh
  • Ilustrator: Olivier Tallec
  • Tebal: 32 halaman
  • Bahasa: Inggris
Diceritakan tentang pertemanan seekor bebek dan seorang gadis kecil. Si bebek datang bertamu ke rumah si gadis kecil. Sikapnya pada saat bertamu itu membuat si gadis kecil berulang-ulang berpikir 'How rude!'.

Buku ini mengisahkan tentang 'manner', tata krama atau sopan santun sederhana, yang nyatanya penting sekali diketahui oleh anak-anak sejak dini. Bahasanya sederhana sekali, rata-rata satu kalimat perhalaman. Bagus dibacakan untuk anak-anak usia dini.

Ilustrasinya juga sederhana tetapi menarik untuk dilihat, fokus pada interaksi antara si bebek dan si gadis kecil. Melihat ilustrasinya, saya jadi teringat kembali percakapan dengan teman-teman ilustrator pekan kemarin.

"Kenapa ilustrasi picture book luar negeri banyak yang sederhana? Bahkan sangat sederhana sekali sampe saya mikir saya juga bisa gambar begitu, haha."

Kata salah satu ilustrator, "Mungkin ... supaya anak-anak lebih bebas mengembangkan imajinasinya, merangkai bermacam-macam latar, tidak terpaku pada apa yang tergambar di buku."

Hmm ... masuk di akal juga sih. Jadi fokusnya ada pada kekuatan ceritanya. Ssst, cuma kalo gaya ilustrasi seperti itu dipake buat ikut lomba picture book di Indonesia, dijamin tidak akan menang #eh, hihi. Soalnya buku-buku anak di Indonesia itu ilustrasinya luar biasa detil, masyaa Allah 💕.
 

Back to the topic, pas nyari data tertulisnya saya baru tahu kalo buku ini tuh ternyata dibikin serinya. Judul serinya Dot and Duck. Ada 2 buku lanjutannya yang temanya masih seputar 'manner', yaitu How Selfish! dengan How Messy! Sayangnya saya tidak menemukan versi read aloud-nya di youtube, padahal saya penasaran seperti apa ceritanya.

Semoga besok-besok ada yang postinga yaa. Oh ya, kalau mau nyimak versi read aloud How Rude!, bisa berkunjung ke sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEKAL MAKAN ISTIMEWA

Buku Cerita Anak: TURTLE AND TORTOISE ARE NOT FRIENDS