Buku Cerita Anak: ADUH!

 

Sumber: Let's Read

  • Judul: Aduh!
  • Penulis: Urfa Qurrota Ainy
  • Penerbit: The Asia Foundation - Let's Read
  • Ilustrator: Hanny Juwita
  • Tahun terbit:  2019
  • Bahasa: Indonesia
  • Bentuk: Buku digital, non komersil
Judulnya menarik, karenanya langsung saya masukkan ke watch later. Video read aloud-nya diunggah di channel youtube Let's Read Indonesia, bisa diintip di sini ya.

Poin kedua yang juga menarik hati saya adalah narasi pada halaman ke-4.

Sumber: https://www.letsreadasia.org/read/73182188-1e4e-4297-b5cc-35f89acd3a39?bookLang=6260074016145408

Yah, antre!
Hanya ada tiga kamar mandi di panti asuhan ini.
Kalau tidak mau antre, Bena harus bangun lebih pagi.
Saya belum pernah membaca picture book yang setting tempatnya di panti asuhan. Ini yang pertama kalinya dan membuat saya akhirnya fokus pada ceritanya. Karena fokus memperhatikan ilustrasinya, saya menemukan poin menarik lainnya. Tokoh utama dalam buku ini adalah anak perempuan difabel.

Isi ceritanya tentang Bena, anak perempuan yang tinggal di panti asuhan bersama teman-temannya. Bena bangun terlambat dan terburu-buru bersiap ke sekolah. Meski difabel, Bena bisa mandiri mengerjakan semuanya, mulai dari mengambil handuk di jemuran, mengambil telur di atas rak, menyiapkan sarapan, dan sebagainya. Namun, ruangan jadi berantakan karenanya, hihi. Ending-nya seru!

Saya suka dengan cara penulis menggambarkan karakter Bena, juga dengan teman-teman Bena. Apa ya ... ceritanya lucu namun menghangatkan hati, buat saya sih, hehe.

Ada banyak pelajaran moral yang bisa diambil. Baca certanya di sini yaaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEKAL MAKAN ISTIMEWA

Buku Cerita Anak : How Rude!

Buku Cerita Anak: TURTLE AND TORTOISE ARE NOT FRIENDS