Buku Cerita Anak: GREY BEAR DAYS

Sumber: Facebook Grey Bear Days

  • Judul: Grey Bear Days
  • Penulis: Sabrinah Morad
  • Illustrator: Wen Dee Tan
  • Tema: Kesehatan Mental
  • Jumlah halaman: 32
  • Bahasa: Inggris

Saya menemukan judul buku ini di postingan yang lewatdi timeline instagram. Karena tertarik dengan temanya, saya langsung nyari versi read aloud-nya di youtube. Alhamdulillah ketemu, ada di satu channel (saja) ygy, ada di siniMeskipun videonya tidak terlalu maksimal, namun dengan mengaktifkan subtittle, saya bisa menangkap dan memahami isi bacaannya. Mungkin, kalo anak-anak yang nonton tidak akan terlalu tertarik ya, karena sudut pengambilan video bukunya ketika dibacakan tidak full terekspos.

Ceritanya tentang seorang anak-anak laki-laki kecil bernama Little Bee yang berbahagia menjalani kesehariannya bersama sang Ibu. Namun tiba-tiba datang seekor beruang abu-abu yang membuat semuanya jadi berubah. Beruang abu-abu itu mengikuti ibunya ke mana-mana, membuat ibunya menjadi tidak bahagia, selalu diliputi kecemasan dan kesedihan. Hari-hari ceria si anak bersama sang Ibu pun ikut hilang.

Beruang abu-abu merupakan penggambaran dari depresi yang mengganggu si ibu. Agak berat memang ya memperkenalkan depresi pada anak-anak. Jadi pemilihan karakter beruang abu-abu yang menyedot segala kebahagian si ibu ini rasanya sudah bisa mewakili secara sederhana. Ibunya tidak bahagia karena diikuti oleh beruang, merasa tertekan dan takut. Kurang lebih begitu kan.

Hmm, tiba-tiba jadi ingat dementornya Azkaban yang hanya bisa diusir oleh patronus. Sementara patronus yang kuat harus dihasilkan oleh perasaan yang berbahagia. Sejatinya, kita semua tahu yang bisa mengusir kesedihan itu hanya kebahagiaan kan ya, kebahagiaan yang sesungguhnya yang bukan pura-pura atau dipaksakan.

Kisah Grey Bear Days ini happy ending dengan penyelesaian cerita yang manis menurut saya. Tidak terlalu dipaksakan tapi akan menjadi contoh bagus untuk anak-anak untuk belajar berempati.

x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEKAL MAKAN ISTIMEWA

Buku Cerita Anak : How Rude!

Buku Cerita Anak: TURTLE AND TORTOISE ARE NOT FRIENDS