Buku Cerita Anak: TUGAS PENTING KARTIKA

Sumber: Modul Belajar Literasi danNumerasi Jenjang SD

  • Judul buku: Tugas Penting Kartika
  • Penulis: Dian Kristiani
  • Ilustrator: Ade Chintya

Cerita ini terdapat pada Modul Belajar Literasi danNumerasi, Jenjang SD (Kelas 1, Tema 1, Subtema 1: Keluarga), bisa diunduh di sini ya. Modul-modul ini digunakan saat pembelajaran daring di masa pandemi kemarin.  

Back to the topic, seperti biasa, judulnya membuat saya penasaran, ‘kayak apa sih yang disebut tugas penting untuk anak-anak itu?’, dan kemudian memutuskan untuk mendengarkan versi read aloud-nya. Ceritanya tentang Kartika, anak perempuan tomboy yang ditugaskan untuk menjadi pengiring pengantin pada pernikahan tantenya. Kegalauan dan kekhawatiran yang drasakan Kartika menjadi inti dari cerita ini. Bagaimana kemudian Kartika mengatasi segala ketidaknyamanannya dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Menariknya, di bagian akhir cerita, disebutkan bahwa Kartika mempunyai rahasia yang hanya diketahui oleh neneknya. Lalu ditutup denan kalimat tanya ‘Apakah kamu tahu rahasianya?’. Penasaran dong ya, hihi. Cara unik untuk mengakhiri cerita.

Jangankan anak-anak, saya saja jadi penasaran. Saya memperhatikan gambar pada dua halaman terakhir, menebak sesuatu lalu mengeceknya di halaman-halaman awal. Yey! Tebakan saya benar, haha.

Senangnya lagi, saya berhasil menemukan ide cerita untuk tema kearifan lokal setelah selesai menyimak video ini. Thanks to Kartika, hoho.

Oh ya, video read aloud-nya bisa disimak di sini, ya.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEKAL MAKAN ISTIMEWA

Buku Cerita Anak : How Rude!

Buku Cerita Anak: TURTLE AND TORTOISE ARE NOT FRIENDS